Cara Sehat Menyapih Bayi


Sejak usia 6 bulan, ASI atau susu formula saja tidak cukup untuk bayi Anda. Supaya tidak kekurangan gizi, ia perlu diperkenalkan dengan akanan tambahan (disapih). Ikuti tips berikut agar lebih mudah menyapih :

JENIS MAKANAN YANG DIBERIKAN
Biasanya makanan pertama yang diberikan berupa sereal yang dicampur air atau susu (bubur susu). Selain itu, juga buah atau sayuran lunak yang direbus kemudian dilumatkan. Jangan tambahkan gula karena bisa membuat gigi bayi berlubang.
BERAPA BANYAK YANG DIBERIKAN
Mulailah dari porsi kecil (satu sendok teh), yang perlahan-lahan ditingkatkan sesuai keadaan (misalnya jika bayi tampak tidak puas dan ingn tambah). Jika bayi tidak cocok dengan makanan tertentu, hentikan selama beberapaminggu, kemudian perkenalkan kembali dari porsi kecil
SAAT PEMBERIAN
Jangan berikan makanan saat bayi jelas-jelas ingin menyusu. Sebaliknya, jangan pula berikan makanan setelah ia kenyang minum susu, karena kemungkinan besar akan ditolak. Selipkan makanan di tengah-tengah saat menyusu, setelah serangan lapar mereda, atau di antara waktu menyusu.
HINDARI
·         Gula dan garam berlebihan
·         Makanan yang terlalu besar ukurannya (karena bisa membuat bayi tersedak), misalnya potongan daging, kacang, sayuran mentah, dsb.
·         Susu sapi (agar tidak alergi)


0 komentar:

Poskan Komentar

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Perawat Hati

Template by : Urangkurai / powered by :blogger