Fungsi Manajer dan Asisten Manajer Keperawatan


MANAJER INSTALASI RAWAT INAP

A.       PENGERTIAN
Manajer Instalasi Rawat Inap disingkat Manajer IRNA  adalah pejabat yang diangkat oleh Direktur sebagai pengelola kegiatan operasional kegiatan di IRNA


B.       FUNGSI
Menjalankan fungsi manajemen di IRNA dengan strategi sesuai kebijakan strategis yang digariskan oleh Direksi dengan mengelola secara optimal sumberdaya yang ada berdasarkan pada program dan tujuan instalasi.

C.       KEDUDUKAN DALAM ORGANISASI
1.      Atasan Langsung
Wakil Direktur Pelayanan Klinis
2.      Atasan Tidak Langsung
Direktur Rumah Sakit
3.      Bawahan Langsung
a.       Asisten Manajer Ruang Barokah
b.      Asisten Manajer Ruang Amanah
c.       Asisten Manajer Ruang Inayah
d.      Asisten Manajer Ruang Hidayah
e.       Asisten Manajer Ruang Salma
f.       Asisten Manajer Ruang Rahmah
g.       Asisten Manajer Ruang Husna

D.       TUJUAN
1.      Umum
Terlaksananya pelayanan di IRNA yang efektif, efisien, profesional da islami berdasarkan standar pelayanan medis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien untuk meningkatkan terus-menerus kepuasan pelanggan.


2.      Khusus
a.       Terwujudnya pelayanan prima di IRNA
b.      Terciptanya suasana dan budaya kerja yang kondusif untuk mendukung terwujudnya pelayanan di IRNA secara profesional dan islami.
c.       Terciptanya SDM yang mampu mengembangkan profesinya dan tanggap terhadap perubahan dan kebutuhan pelanggan di IRNA.

E.        RUANG LINGKUP
1.      Pengelolaan pelayanan terhadap  seluruh stakeholder IRNA
2.      Pengembangan SDM di IRNA yang profesional sesuai dengan kebutuhan dan tuntuta pelanggan dan perkembangan IPTEK
3.      Pengelolaan fasilitas peralatan dan seluruh sumber daya di IRNA

F.        TUGAS POKOK
1.      Membagi habis tugas dengan seluruh staf yang berbeda di bawah kepemimpinannya.
2.      Melakukan koordinasi dengan staf di dalam dan di luar unit kerjanya.
3.      Memberikan pengarahan pelaksanaan tugas sesuai dengan beban dan tanggung jawabnya.
4.      Memberdayakan SDM di IRNA
5.      Memberikan keteladanan, membangkitkan keyakinan, nilai dasar, motivasi, dan inspirasi kepada seluruh staf.
6.      Mengakomodasi masukan, saran, dan usulan dari semua bagian dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di IRNA.
7.      Menganalisis dan menginformasikan ke atasan hasil kegiatan pelayanan di IRNA.
8.      Menjaga dan meningkatkan kuaitas pelayanan.
9.      Mengembangkan dan diversifikasi pelayanan di IRNA
10.  Mengembangkan prosedur tetap dan instruksi kerja sesuai dengan kebutuhan customer di IRNA


G.       WEWENANG
1.      Mengatur dan mengendalikan kegiatan operasional di IRNA.
2.      Mengarahkan dan menjaga pelayanan dalam menerapkan indikator mutu pelayanan klinis dan keselamatan pasien beserta metode evaluasinya yang digunakan di IRNA.
3.      Menyusun, menerapkan dan melaksanakan standar pelaksanaan operasional pelayanan di IRNA.
4.      Melakukan pembinaan dan pengarahan kepada seluruh staf dan seluruh petugas yang melakukan pelayanan di IRNA agar selalu taat terhadap sistem dan aturan yang berlaku di Rumah Sakit.
5.      Melarang seluruh aktivitas di IRNA yang tidak sejalan peraturab Rumah Sakit.


ASISTEN MANAJER RUANG-RUANG RAWAT INAP
(ASMAN.....nama ruang rawat inap.....)

A.       PENGERTIAN
Asisten Manajer Ruang-ruang Rawat Inap disigkat sesuai nama Ruang Ranap dimaksud ASMAN RG RANAP ....(ex. Asman Rg Salma) adalah pejabat yang diangkat oleh Direktur untuk membantu pengelolaan operasional di RG RANAP.

B.     FUNGSI
Membantu menjalankan fungsi manajemen di RG RANAP dengan strategi sesuai kebijakan strategis yang digariskan oleh Direksi dengan mengelola secara optimal sumberdaya yang ada berdasarkan pada program dan tujuan Instalasi pada tingkat supervisi aplikasi / pelaksanaan kegiatan unit.

C.     KEDUDUKAN DALAM ORGANISASI
1.      Atasan langsug
Manajer Instalasi Rawat Inap
2.      Atasan tidak Langsung
Wakil Direktur Pelayanan Klinik
3.      Bawahan Langsung
Staf Pelaksana RG RANAP

D.     TUJUAN
1.      Umum
Terlaksananya pelayanan di RG RANAP yang efektif, efisien, profesional dan islami berdasarkan standar pelayanan medis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien untuk peningkatan terus menerus kepuasan pelanggan.

2.      Khusus
a.       Terwujudnya pelayanan prima di RG RANAP
b.      Terciptanya suasana dan budaya kerja yang kondusif untuk mendukung terwujudnya pelayanan di RG RANAP secara profesional dan islami.
c.       Terciptanya SDM yang mampu mengembangkan profesinya dan cepat tanggap terhadap perubahan dan kebutuhan pelanggan di RG RANAP.

E.        RUANG LINGKUP
1.      Membantu Manajer IRNA dalam pengelolaan pelayanan terhadap seluruh stakeholder RG RANAP masing-masing
2.      Membantu manajer IRNA dalam mengembangkan SDM di RG RANAP yang profesional sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pelanggan dan perkembangan IPTEK.
3.      Turut dalam pengelolaan fasilitas peralatan dan seluruh sumber daya di RG RANAP.

F.        TUGAS POKOK
1.      Membagi habis tugas operasional dan administratif dengan seluruh staf yang berada di bawah kepemimpinannya.
2.      Melakukan koordinasi dengan staf di dalam dan di luar unit kerjanya.
3.      Memberikan pengarahan pelaksanaan tugas sesuai dengan beban dan tanggung jawabnya.
4.      Memberdayakan SDM di RG RANAP
5.      Memberikan keteladanan, membangkitkan keyakinan, nilai dasar, motivasi, dan inspirasi kepada seluruh staf.
6.      Mengakomodasi masukan, saran, dan usulan dari semua bagian dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di RG RANAP.
7.      Menganalisis dan menginformasikan ke atasan hasil kegiatan supervisi pelayanan di RG RANAP.
8.      Menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan.
9.      Mengembangkan dan diversifikasi pelayanan RG RANAP.


G.     WEWENANG
1.      Membantu mengatur dan mengendalikan kegiatan operasional di RG RANAP.
2.      Mengarahkan dan menjaga pelayanan dalam menerapkan indikator mutu pelayanan klinis dan keselamatan pasien beserta metode evaluasinya yang digunakan di RG RANAP
3.      Membantu menyusun, menerapkan dan melaksanakan standar pelaksanaan operasional pelayanan di RG RANAP.
4.      Melakukan pembinaan dan pengarahan kepada seluruh staf dan seluruh petugas yang melakukan pelayanan di RG RANAP agar selalu taat terhadap sistem dan aturan yang berlaku di Rumah Sakit
5.      Melarang seluruh aktivitas di RG RANAP yang tida sejalan peraturan Rumah Sakit

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Perawat Hati

Template by : Urangkurai / powered by :blogger