MANAJER
INSTALASI RAWAT INAP
A.
PENGERTIAN
Manajer
Instalasi Rawat Inap disingkat Manajer IRNA adalah pejabat yang diangkat oleh Direktur
sebagai pengelola kegiatan operasional kegiatan di IRNA
B.
FUNGSI
Menjalankan
fungsi manajemen di IRNA dengan strategi sesuai kebijakan strategis yang
digariskan oleh Direksi dengan mengelola secara optimal sumberdaya yang ada
berdasarkan pada program dan tujuan instalasi.
C.
KEDUDUKAN
DALAM ORGANISASI
1.
Atasan
Langsung
Wakil
Direktur Pelayanan Klinis
2.
Atasan
Tidak Langsung
Direktur
Rumah Sakit
3.
Bawahan
Langsung
a.
Asisten
Manajer Ruang Barokah
b.
Asisten
Manajer Ruang Amanah
c.
Asisten
Manajer Ruang Inayah
d.
Asisten
Manajer Ruang Hidayah
e.
Asisten
Manajer Ruang Salma
f.
Asisten
Manajer Ruang Rahmah
g.
Asisten
Manajer Ruang Husna
D.
TUJUAN
1.
Umum
Terlaksananya
pelayanan di IRNA yang efektif, efisien, profesional da islami berdasarkan
standar pelayanan medis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,
mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien untuk meningkatkan
terus-menerus kepuasan pelanggan.
2.
Khusus
a.
Terwujudnya
pelayanan prima di IRNA
b.
Terciptanya
suasana dan budaya kerja yang kondusif untuk mendukung terwujudnya pelayanan di
IRNA secara profesional dan islami.
c.
Terciptanya
SDM yang mampu mengembangkan profesinya dan tanggap terhadap perubahan dan
kebutuhan pelanggan di IRNA.
E.
RUANG
LINGKUP
1.
Pengelolaan
pelayanan terhadap seluruh stakeholder
IRNA
2.
Pengembangan
SDM di IRNA yang profesional sesuai dengan kebutuhan dan tuntuta pelanggan dan
perkembangan IPTEK
3.
Pengelolaan
fasilitas peralatan dan seluruh sumber daya di IRNA
F.
TUGAS
POKOK
1.
Membagi
habis tugas dengan seluruh staf yang berbeda di bawah kepemimpinannya.
2.
Melakukan
koordinasi dengan staf di dalam dan di luar unit kerjanya.
3.
Memberikan
pengarahan pelaksanaan tugas sesuai dengan beban dan tanggung jawabnya.
4.
Memberdayakan
SDM di IRNA
5.
Memberikan
keteladanan, membangkitkan keyakinan, nilai dasar, motivasi, dan inspirasi
kepada seluruh staf.
6.
Mengakomodasi
masukan, saran, dan usulan dari semua bagian dalam rangka meningkatkan kualitas
pelayanan di IRNA.
7.
Menganalisis
dan menginformasikan ke atasan hasil kegiatan pelayanan di IRNA.
8.
Menjaga
dan meningkatkan kuaitas pelayanan.
9.
Mengembangkan
dan diversifikasi pelayanan di IRNA
10. Mengembangkan prosedur tetap dan
instruksi kerja sesuai dengan kebutuhan customer di IRNA
G.
WEWENANG
1.
Mengatur
dan mengendalikan kegiatan operasional di IRNA.
2.
Mengarahkan
dan menjaga pelayanan dalam menerapkan indikator mutu pelayanan klinis dan
keselamatan pasien beserta metode evaluasinya yang digunakan di IRNA.
3.
Menyusun,
menerapkan dan melaksanakan standar pelaksanaan operasional pelayanan di IRNA.
4.
Melakukan
pembinaan dan pengarahan kepada seluruh staf dan seluruh petugas yang melakukan
pelayanan di IRNA agar selalu taat terhadap sistem dan aturan yang berlaku di
Rumah Sakit.
5.
Melarang
seluruh aktivitas di IRNA yang tidak sejalan peraturab Rumah Sakit.
ASISTEN MANAJER RUANG-RUANG RAWAT
INAP
(ASMAN.....nama ruang rawat inap.....)
A.
PENGERTIAN
Asisten
Manajer Ruang-ruang Rawat Inap disigkat sesuai nama Ruang Ranap dimaksud ASMAN
RG RANAP ....(ex. Asman Rg Salma) adalah pejabat yang diangkat oleh Direktur
untuk membantu pengelolaan operasional di RG RANAP.
B.
FUNGSI
Membantu
menjalankan fungsi manajemen di RG RANAP dengan strategi sesuai kebijakan
strategis yang digariskan oleh Direksi dengan mengelola secara optimal
sumberdaya yang ada berdasarkan pada program dan tujuan Instalasi pada tingkat
supervisi aplikasi / pelaksanaan kegiatan unit.
C.
KEDUDUKAN
DALAM ORGANISASI
1.
Atasan
langsug
Manajer
Instalasi Rawat Inap
2.
Atasan
tidak Langsung
Wakil
Direktur Pelayanan Klinik
3.
Bawahan
Langsung
Staf
Pelaksana RG RANAP
D.
TUJUAN
1.
Umum
Terlaksananya
pelayanan di RG RANAP yang efektif, efisien, profesional dan islami berdasarkan
standar pelayanan medis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,
mengutamakan mutu pelayanan dan keselamatan pasien untuk peningkatan terus
menerus kepuasan pelanggan.
2.
Khusus
a.
Terwujudnya
pelayanan prima di RG RANAP
b.
Terciptanya
suasana dan budaya kerja yang kondusif untuk mendukung terwujudnya pelayanan di
RG RANAP secara profesional dan islami.
c.
Terciptanya
SDM yang mampu mengembangkan profesinya dan cepat tanggap terhadap perubahan
dan kebutuhan pelanggan di RG RANAP.
E.
RUANG
LINGKUP
1.
Membantu
Manajer IRNA dalam pengelolaan pelayanan terhadap seluruh stakeholder RG RANAP
masing-masing
2.
Membantu
manajer IRNA dalam mengembangkan SDM di RG RANAP yang profesional sesuai dengan
kebutuhan dan tuntutan pelanggan dan perkembangan IPTEK.
3.
Turut
dalam pengelolaan fasilitas peralatan dan seluruh sumber daya di RG RANAP.
F.
TUGAS
POKOK
1.
Membagi
habis tugas operasional dan administratif dengan seluruh staf yang berada di
bawah kepemimpinannya.
2.
Melakukan
koordinasi dengan staf di dalam dan di luar unit kerjanya.
3.
Memberikan
pengarahan pelaksanaan tugas sesuai dengan beban dan tanggung jawabnya.
4.
Memberdayakan
SDM di RG RANAP
5.
Memberikan
keteladanan, membangkitkan keyakinan, nilai dasar, motivasi, dan inspirasi
kepada seluruh staf.
6.
Mengakomodasi
masukan, saran, dan usulan dari semua bagian dalam rangka meningkatkan kualitas
pelayanan di RG RANAP.
7.
Menganalisis
dan menginformasikan ke atasan hasil kegiatan supervisi pelayanan di RG RANAP.
8.
Menjaga
dan meningkatkan kualitas pelayanan.
9.
Mengembangkan
dan diversifikasi pelayanan RG RANAP.
G.
WEWENANG
1.
Membantu
mengatur dan mengendalikan kegiatan operasional di RG RANAP.
2.
Mengarahkan
dan menjaga pelayanan dalam menerapkan indikator mutu pelayanan klinis dan
keselamatan pasien beserta metode evaluasinya yang digunakan di RG RANAP
3.
Membantu
menyusun, menerapkan dan melaksanakan standar pelaksanaan operasional pelayanan
di RG RANAP.
4.
Melakukan
pembinaan dan pengarahan kepada seluruh staf dan seluruh petugas yang melakukan
pelayanan di RG RANAP agar selalu taat terhadap sistem dan aturan yang berlaku
di Rumah Sakit
5.
Melarang
seluruh aktivitas di RG RANAP yang tida sejalan peraturan Rumah Sakit
0 komentar:
Posting Komentar