TERAPI BERMAIN
A. PENGERTIAN BERMAIN
Bermain adalah
cara alamiah bagi anak mengungkapkan konflik dalam dirinya yang tidak
disadari.(wholey and Wong,1991).
Bermain adalah
suatu kegiatan yang dilakukan sesuai dengan keinginan untuk memperoleh
kesenangan.(Foster,1989)
Bermain adalah
kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkan tanpa
mempertimbangkan hasil akhir (Hurlock)
Jadimkesimpulannya
bermain adalah cara untuk memperoleh kesenangan tanpa mempertimbangkan hasil
akhir.
B. KATEGORI BERMAIN
1. Bermain
aktif
Yaitu anak banyak menggunakan energi
inisiatif dari anak sendiri.
Contoh : bermain sepak bola.
2. Bermain
pasif
Energi yang dikeluarkan sedikit,anak tidak
perlu melakukan aktivitas (hanya melihat)
Contoh : memberikan support.
C. CIRI-CIRI BERMAIN
- Selalu bermain dengan sesuatu atau benda
- Selalu ada timbal balik interaksi
- Selalu dinamis
- Ada aturan tertentu
- Menuntut ruangan tertentu
D. KLASIFIKASI BERMAIN MENURUT ISI
- Social affective play
Anak belajar
memberi respon terhadap respon yang diberikan oleh lingkungan dalam bentuk
permainan,misalnya orang tua berbicara memanjakan anak tertawa senang,dengan
bermain anak diharapkan dapat bersosialisasi dengan lingkungan.
- Sense of pleasure play
Anak memproleh
kesenangan dari satu obyek yang ada disekitarnya,dengan bermain dapat
merangsang perabaan alat,misalnya bermain air atau pasir.
- Skill play
Memberikan
kesempatan bagi anak untuk memperoleh ketrampilan tertentu dan anak akan
melakukan secara berulang-ulang misalnya mengendarai sepeda.
- Dramatika play role play
Anak
berfantasi menjalankan peran tertentu misalnya menjadi ayah atau ibu
MENURUT KARAKTERISTIK SOSIAL
1.
Solitary play
Jenis
permainan dimana anak bermain sendiri walaupun ada beberapa orang lain yang
bermai disekitarnya. Biasa dilakukan oleh anak balita Todler.
2.
Paralel play
Permainan
sejenis dilakukan oleh suatu kelompok anak masing-masing mempunyai mainan yang
sama tetapi yang satu dengan yang lainnya tidak ada interaksi dan tidak saling
tergantung, biasanya dilakukan oleh anak preischool
Contoh :
bermain balok
3.
Asosiatif play
Permainan
dimana anak bermain dalam keluarga dengan aktifitas yangsma tetapi belum
terorganisasi dengan baik,belum ada pembagian tugas,anak bermain sesukanya.
4.
Kooperatif play
Anak bermain
bersama dengan sejenisnya permainan yang terorganisasi dan terencana dan ada
aturan tertentu. Bissanya dilakukanoleh anak usia sekolah Adolesen
E. FUNGSI BERMAIN
Anak dapat
melangsungkan perkembangannya
- PERKEMBANGAN SENSORI MOTORIK
Membantu
perkembangan gerak dengan memainkan obyek tertentu,misalnya meraih pensil.
- PERKEMBANGAN KOGNITIF
Membantu
mengenal benda sekitar(warna,bentuk kegunaan)
- KREATIFITAS
Mengembangkan
kreatifitas mencoba ide baru misalnya menyusun balok.
- PERKEMBANGAN SOSIAL
Diperoleh
dengan belajar berinteraksi dengan orang lain dan mempelajari belajar dalam
kelompok.
- KESADARAN DIRI(SELF AWARENESS)
Bermain
belajar memahami kemampuan diri kelemahan dan tingkah laku terhadap orang lain.
- PERKEMBANGAN MORAL
Intraksi
dengan orang lain bertingkah laku sesuai harapan teman menyesuaikan dengan
aturan kelompok.
Contoh : dapat
menerapkan kejujuran.
- TERAPI
Bermain
kesempatan pada anak untuk mengekspresikan perasaan yang tidak enak misalnya :
marah,takut,benci.
- KOMUNIKASI
Bermain
sebagai alat komunikasi terutama bagi nak yang belum dapat mengatakan secara
verbal, misalnya : melukis,menggambar,bermain peran.
F. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKTIVITAS BERMAIN
- Tahap perkembangan,tiap tahap mempunyai potensi/keterbatasan
- Status kesehatan,anak sakit→ perkembangan psikomotor kognitif terganggu
- Jenis kelamin
- Lingkungan → lokasi,negara,kultur.
- Alat permainan → senang dapat menggunakan
- Intelegensia dan status social ekonomi
G. TAHAP PERKEMBANGAN BERMAIN
- Tahap eksplorasi
Merupkan
tahapan menggali dengan melihat cara bermain
- Tahap permainan
Setelah tahu
cara bermain,anak mulai masuk dalam tahap perminan.
- Tahap bermin sungguhan
Anak sudah
ikut dalam perminan.
- Tahap melamun
Merupakan
tahapan terakhir anak membayangkan permainan berikutnya.
H. KARAKTERISTIK BERMAIN SESUAI TAHAP PERKEMBANGAN
1 BULAN
VISUAL : Lihat dengan jarak dekat
Gantungkan benda yang terang dan menyolok
AUDITORI : Bicara dengan bayi,
menyanyi,musik,radio,detik jam
TAKTIL : Memeluk,menggendong,memberi kesenangan
KINETIK : Mengayun,naik kereta dorong
2-3 BULAN
VISUAL : Buat ruangan menjadi tenang,gambar,cermin
ditembok
Bawa
bayi ke ruangan lain
Letakkan bayi agar dapat memandang disekitar
AUDITORI : Bicara dengan bayi,beri mainan
bunyi,ikut sertakan dalam pertemuan keluarga.
TAKTIL : Memandikan ,mengganti popok,menyisir
rambut dengan lembut,gosok dengan lotion/bedak
KINETIK : Jalan dengan kereta,gerakan
berenang,bermain air
4-6 BULAN
VISUAL : Bermain cermin,anak
nonton TV
Beri mainan dengan warna terang
AUDITORI : Anak
bicara,ulangi suara yang dibuat,panggil nama,
Remas kertas didekat telinga,Pegang mainan
bunyi.
TAKTIL : Beri mainan lembut/kasar,mandi
cemplung/cebur
KINETIK : Bantu tengkurap,sokong waktu duduk
6-9 BULAN
VISUAL : Mainan berwarna,bermain depan
cermin,”ciluk ….ba”.
Beri
kertas untuk dirobek-robek.
AUDITORI :
Panggil nama “Mama …Papa,dapat menyebutkan bagian tubuh,
Beri tahu yang
anda lakukan,ajarkan tepuk tangan dan beri perintah sederhana.
TAKTIL
: Meraba bahan bermacam-macam tekstur,ukuran,main air mengalir
Berenang
KINETIK : Letakkan mainan agak jauh lalu suruh
untuk mengambilnya.
9-12 BULAN
VISUAL : Perlihatkan gambar
dalam buku. Ajak pergi ke berbagai tempat
Bermain bola, Tunjukkan bangunan agak jauh.
AUDITORI : Tunjukkan bagian tubuh
dan sebutkan,
Kenalkan dengan suara binatang
TAKTIL : Beri makanan yang
dapat dipegang
Kenalkan dingin,panas dan hangat.
KINETIK : Beri mainan
Mainan yang dianjurkan untuk Bayi 6-12 bulan
·
Blockies warna-warni jumlah,ukuran.
·
Buku dengan gambar menarik
·
Balon,cangkir dan sendok
·
Boneka bayi
·
Mainan yang dapat didorong dan ditarik
TODLER ( 2-3 TAHUN )
·
Mulai berjalan,memanjat,lari
·
Dapat memainkan sesuatu dengan tangannya
·
Senang melempar,mendorong,mengambil sesuatu
·
Perhatiannya singkat
·
Mulai mengerti memiliki “ Ini milikku ….”
·
Karakteristik bermain “Paralel Play”
·
Toddler selalu brtengkar saling memperebutkan mainan/sesuatu
·
Senang musik/irama
Mainan Untuk Toddler
·
Mainan yang dapat ditarik dan didorong
·
Alat masak
·
Malam,lilin
·
Boneka,Blockies,Telepon,gambar dalam buku,bola,dram yang
dapat dipukul,
krayon,kertas.
PRE-SCHOOL
·
Cross motor and fine motors
·
Dapat melompat,bermain dan bersepeda.
·
Sangat energik dan imaginative
·
Mulai terbentuk perkembangan moral
·
Mulai bermain dengan jenis kelamin dan bermain dgn kelompok
·
Karakteristik bermain
·
Assosiative play
·
Dramatic play
·
Skill play
·
Laki-laki aktif bermain di luar
·
Perempuan didalam rumah
Mainan untuk Pre-school
·
Peralatan rumah tangga
·
Sepeda roda Tiga
·
Papan tulis/kapur
·
Lilin,boneka,kertas
·
Drum,buku dengan kata simple,kapal terbang,mobil,truk
USIA SEKOLAH
§
Bermain dengan kelompok dan sama dengan jenis kelamin
§
Dapat belajar dengan aturan kelompok
§
Belajar Independent,cooperative,bersaing,menerima orang lain.
§
Karakteristik “Cooperative Play”
§
Laki-laki : Mechanical
§
Perrempuan : Mother Role
Mainan untuk Usia Sekolah
6-8 TAHUN
Kartu,boneka,robot,buku,alat olah raga,alat untuk
melukis,mencatat,sepeda.
8-12 TAHUN
Buku,mengumpulkan perangko,uang logam,pekerjaan tangan,
kartu,olah raga bersama,sepeda,sepatu roda.
BERMAIN DI RUMAH SAKIT
TUJUAN
- Melanjutkan tugas kembang selama perawatan
- Mengembangkan kreativitas melalui pengalaman permainan yang tepat
- Beradaptasi lebih efektif terhadap stress karena sakit atau dirawat
PRINSIP
- Tidak banyak energi,singkat dan sederhana
- Mempertimbangkan keamanan dan infeksi silang
- Kelompok umur sama
- Melibatkan keluarga/orang tua.
UPAYA PERAWATAN DLM
PELAKSANAAN BERMAIN
- Lakukan saat tindakan keperawatan
- Sengaja mencari kesempatan khusus
BEBERAPA HAL YANG PERLU
DIPERHATIKAN
- Alat bermain
- Tempat bermain
PELAKSANAAN BERMAIN DI RS
DIPENGARUHI OLEH :
- Faktor pendukung
Pengetahuan
perawat,fasilitas kebijakan RS,kerjasama Tim dan keluarga
- Faktor penghambat
Tidak semua RS
mempunyai fasilitas bermain.
DAFTAR PUSTAKA
Foster and Humsberger,1998,Family Centered Nursing Care of
Children. WB sauders Company,Philadelpia USA.
Hurlock E B,1991,Perkembangan Anak Jilid I,Erlangga Jakarta.
Markum dkk,1990,Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak,IDI Jakarta.
Soetjiningsih,1995,Tumbuh Kembang Anak,EGC,Jakarta.
Whaley and Wong,1991,Nursing Care infants and children. Fourth
Edition,Mosby Year Book,Toronto Canada.
0 komentar:
Posting Komentar